Pantai Baru di Bantul akan dijadikan techno park

February 7, 2015

 

Merdeka.com - Sekilas Pantai Baru yang berlokasi di Pandansimo, Bantul, DIY, tidak berbeda dengan pantai pada umum. Namun jika ditilik bagaimana roda ekonomi warga di sekitar pantai yang sebagian adalah nelayan, Pantai Baru ini mempunyai teknologi sendiri untuk memberikan energi listrik pada warga dan nelayan.

Hanya berjarak sekitar 500 meter dari pantai, berdiri beberapa kincir angin yang memberikan sumbangsih besar bagi kehidupan di sana.

"Di sini sudah dibangun kincir angin sejak mulai tahun 2007, tidak menggunakan genset, tapi pakai angin dan juga panel surya," kata Asisten Deputi Jaringan Iptek Daerah, Momon Sadiyatmo saat menyambut kedatangan Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Susilo di Pantai Baru, Jumat (6/2).

Teknologi hybrid panel surya dan angin ini dibangun, sebagai upaya pemerintah untuk menghidupkan pariwisata dan juga kegiatan nelayan. Dari kincir angin tersebut, daerah yang belum dialiri listrik PLN tersebut bisa terang pada malam hari.

"Mendongkrak pariwisata, ya ini harus dihidupkan. Jalan terang, warung terang, nelayan pun bisa dapat es baru dengan mudah karena ada mesin es yang dialiri listrik dari kincir juga," ujarnya.

Kincir angin tersebut bisa menghasilkan 62.000 watt listrik. Jumlah tersebut cukup untuk membuat kawasan menjadi terang. Sejak dibangun, sedikitnya perputaran uang sebesar Rp 5 miliar di Pantai Baru pertahun.

Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Susilo mengaku gembira ada pantai yang menggunakan teknologi terbarukan. Dia pun mendaulat kawasan Bantul sebagai salah satu kawasan yang nantinya akan dijadikan science and techno park, yang rencananya hanya akan dibangun di 100 kabupaten di Indonesia.

"Saya senang, di tempat lain itu banyak yang gagal, tapi di sini berhasil. Tolong nanti ini jadi prioritas untuk science and techno park ya," ujarnya.

Dia menjelaskan science and techno park merupakan program yang diminta oleh Presiden Jokowi, untuk dikembangkan dan dikerjakan cepat.

"Ini nanti tinggal dikembangkan saja, diperbesar. Konsepnya kurang lebih seperti ini, tapi lebih besar," tandasnya

 

APAKAH DAERAH ANDA SUDAH MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK PEMBANGUNAN TECHNOPARK ? TUNGGU APALAGI ...HUBUNGI KAMI UNTUK PRE-STUDY DAN PENDAMPINGAN AWAL.

Wisata Pendidikan

Please reload

Featured Posts

Pembangunan Obyek Wisata Pembelajaran dan Pendidikan Berbasis Iptek di Daerah

February 24, 2016

1/1
Please reload

Recent Posts

January 4, 2018

Please reload

Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Classic
  • Twitter Classic
  • Google Classic

© 2014 by Technopark Indonesia. Proudly created by yunan.id

  • Wix Facebook page
  • Twitter Classic