Paparan Technopark di BPPP - Tegal

August 27, 2015

BPPP Tegal (10/8) - Pemerintah telah mencanangkan Program Nasional Pengembangan Sains dan Teknologi Park (STP). Dari 100 Technopark yang dicanangkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mengembangkan 24 buah Technopark Kelautan dan Perikanan (TPKP). Ke-24 lokasi diantranya di empat lokasi berbasis pengembangan SDM. Sentra lokasinya adalah di Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BP3) Ambon, Aertembaga (Sulawesi Utara) , Banyuwangi (Jawa Timur) , Tegal ( Jawa Tengah). 

Namun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi dan keberadaan Technopark. Untuk lebih menegaskan fungsi dan keberadaan technopark, Kepala BPPP Tegal (Ir. Mochammad Heri Edy, M.S) mensosialisasikan technopark di kalangan karyawan BPPP Tegal dalam pertemuan di Ruang Rapat BPPP Tegal (Senin, 10/8).

Hadir pada pertemuan, Pejabat Struktural dan Fungsional BPPP Tegal dan SUPM Tegal, Konsultan Technopark Indonesia, serta puluhan karyawan BPPP Tegal. "Saat ini kita diberi tugas untuk membangun technopark di Tegal pada tahun ini." kata Heri Edy. Tetapi, lanjut Heri Edy, pengetahuan kita tentang  technopark masih terbatas. 

Guna mensosialisasi Technopark kepada masyarakat, Heri Edy menegaskan, bahwa technopark tidak hanya membumi di internal saja, tetapi harus membumi di Kota Tegal dan di wilayah kerja kita. Dalam waktu dekat kami akan me-launching technopark kita, untuk itu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dan menata dengan baik technopark kita." ujar Heri Edy. Dalam mempersiapkan technopark , Heri Edy menginformasikan, akan dilakukan pelatihan-pelatihan technopark supaya dalam mengelola technopark secara baik. Hei Edy berharap, agar technopark Tegal dapat menjadi contoh dan penjuru bagi technopark-technopark yang lain.

Konsultan Techopark Indonesia, Yunan, memaparkan pengertian, fungsi dan keberadaan technopark BPPP Tegal melalui tayangan. Mengawali paparan ia mengatakan, "Technopark ini merupakan suatu tempat atau kawasan dimana disitu teknologi diaplikasikan." Lebih lanjut Konsultan Taman Pintar Yogyakarta menjelaskan, "Tujuan utama pendirian technopark adalah untuk membuat link yang permanen antara perguruan tinggi (akademisi) pelaku industri, bisnis, finansial, pemerintah serta masyarakat di sekitar BPPP Tegal." 

"Masyarakat di Tegal mengetahui keberadaan BPPP Tegal, tetapi apa manfaat, apa yang bisa dipelajari dan apa yang bisa dapatkan masyarakat dari BPPP Tegal", ujar Yunan. Hendaknya technopark menjadi jembatan masyarakat  dengan BPPP Tegal, ujarnya. Dalam penjelasan itu, Yunan mengemukakan " Tecnopark akan mengawamkan hal-hal yang berbau teknis dan exclusive, sehingga kesan tertutup akan dibuka dengan keberadaan technopark ini, lanjutnya. 

"Di BPPP Tegal, potensi yang ada disini sudah memenuhi persyaratan, hanya saja perlu sejumlah penanganan," ujar Yunan. Ia mengungkapkan, "Fasilitas, sarana prasarana dan sumber daya manusia yang sudah ada akan di kemas, sehingga kita tahu bagaimana cara melayani masyarakat dengan baik." Salah satu kemasan Technopark BPPP Tegal, lebih lanjut Yunan menjelaskan, Technopark BPPP Tegal akan dikemas sebagai mentoring, supervising, training, networking, exbihition,  business matching dan outing class. 

 

http://www.bppp-tegal.com/web/index.php/produk-inovasi-teknologi/berita-technopark/468-bppp-tegal-mulai-tata-technopark

 

 

 

Please reload

Featured Posts

Pembangunan Obyek Wisata Pembelajaran dan Pendidikan Berbasis Iptek di Daerah

February 24, 2016

1/1
Please reload

Recent Posts

January 4, 2018

Please reload

Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Classic
  • Twitter Classic
  • Google Classic

© 2014 by Technopark Indonesia. Proudly created by yunan.id

  • Wix Facebook page
  • Twitter Classic